Jumat, 30 Oktober 2009

Konfigurasi Server

Konfigurasi server kami merupakan ramuan terbaik dari staf teknis kami. Kami selalu mengedepankan komponen yang aman, bisa diandalkan, memiliki fitur yang memadai serta mudah dikonfigurasi.
Sistem operasi yang kami gunakan adalah Linux. Linux adalah sistem operasi Opensource yang handal dan aman, serta sudah teruji. Linux kini digunakan oleh sekitar 30% situs web di Internet dan merupakan salah satu sistem operasi paling populer untuk urusan server Internet (sumber: Netcraft.com). Linux adalah sistem operasi yang paling tinggi perkembangannya selama empat tahun berturut-turut (IDC). Sistem operasi Linux dikenal relatif aman dari berbagai macam eksploitasi seperti virus dan semacamnya jika dibandingkan dengan sistem operasi seperti Windows.
Vendor distribusi yang kami pilih adalah RedHat dengan alasan jaringan dukungan teknisnya sudah meluas. RedHat bisa dibilang merupakan vendor Linux yang paling sukses. Selain itu tim teknis kami juga sudah terbiasa melakukan modifikasi dari RedHat Linux sehingga lebih cocok digunakan untuk keperluan kami. RedHat Linux digunakan pada sekitar 70% situs web yang menggunakan web server Apache.
Untuk perangkat keras, kami menggunakan perangkat keras dengan arsitektur Intel atau kompatibel. Hal ini kami pilih karena harganya lebih murah serta lebih mudah untuk didapatkan daripada arsitektur lainnya. Selain itu Linux lebih teruji pada platform Intel compatible daripada platform lainnya.
Apache kami gunakan sebagai web server pilihan pada sistem kami. Apache dapat dibilang merupakan de-facto web server di Internet, Apache menguasai kurang lebih 60% web server di Internet. Apache merupakan web server yang memiliki cukup banyak fitur serta aman digunakan.
Server email yang kami gunakan adalah Qmail. Qmail kami pilih karena kecil, cepat, memiliki banyak fitur serta mudah dikonfigurasikan. Qmail dikenal sebagai software mail server yang paling aman untuk digunakan.
Kami menggunakan MySQL sebagai database server. MySQL merupakan database server yang paling umum ditemukan di web server. Di Internet sangat banyak beredar software-software yang membutuhkan MySQL sebagai back-end-nya. MySQL sangat cocok untuk aplikasi web karena desainnya yang sederhana serta kecepatannya yang sangat tinggi.
Selain MySQL, kami juga menyediakan database PostgreSQL sebagai alternatif jika anda membutuhkannya. PostgreSQL adalah database yang memiliki sangat banyak fasilitas yang umum dijumpai pada database kelas tinggi.
Perl adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer yang dapat dijumpai di Internet. Di Internet banyak tersedia program-program berbasis web yang menggunakan Perl.
PHP adalah bahasa lain yang populer. Didesain sebagai bahasa pemrograman untuk web, PHP menjadi populer di kalangan pemrogram web. PHP sangat mudah dipelajari serta memiliki fasilitas yang cukup lengkap.
Kami menyediakan FrontPage Server Extension bagi anda yang akan membangun situs webnya dengan menggunakan Microsoft FrontPage. Dengan FrontPage Extension, anda akan dapat memanfaatkan seluruh kemampuan yang ada pada Microsoft FrontPage.
Chili!Soft/Sun ONE ASP kami sediakan bagi anda yang membutuhkan ASP (Active Server Pages) pada situs web anda. ASP umumnya dijumpai pada platform Windows, namun kini anda dapat menggunakan ASP pada server kami.
Ruby adalah bahasa scripting yang merupakan alternatif dari bahasa seperti Perl and Python. Ruby semakin populer setiap harinya.
TCL adalah bahasa pemrograman lainnya yang populer. Kami menginstall TCL pada server-server kami.
Kami menggunakan OpenSSH sebagai secure shell kami. SSH adalah alternatif yang lebih aman daripada protokol telnet atau RSH. Dengan menggunakan protokol SSH anda dapat yakin bahwa data anda aman dari pengintip di Internet.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar